MUTHIATHEEXPLORER

Follow Me

Daddy-Daughter Quality Time in Jogja

By  Muthia Prima     April 01, 2017    Labels:,

Halo pembaca setia muthiatheexplorer~ (Hahahah kayak ada aja). Kali ini gue mau #tbt Jogja. Aseeeek sekarang gue udah tau #tbt itu singkatan dari "Throwback to". Hahaha kemaren-kemaren pusing nyari artinya. Udah klik hashtag di twitter dan instagram tapi ga bisa ngambil kesimpulan karna postingan yang muncul beragam. Yaiyalah ternyata artinya ini. Semuanya bisa di #tbt-in. uhuhuh onion head

Sebenernya sih ini cerita 2 tahun yang lalu. Kebetulan Bokap udah pensiun, trus di rumah juga berasa weekend mulu jadilah beliau berkelana buat ngisi waktu luang. Emang dasar hobi ngebolang juga sih. Ga heran kalo anaknya pengen jalan-jalan mulu. Nah, waktu itu Bokap bilang rencananya mau jalan-jalan ke Jogja sekalian mampir ke rumah sodaranya. Mendengar hal itu, sebagai anak bolang, gue pun ga mau menyia-nyiakan kesempatan ini doooong. Momentnya juga pas buat ngabisin cuti tahunan di kantor. Langsung ngajuin cuti, trus bilang ke Bokap kalo gue juga mau ikut soalnya belom pernah ke Jogja dan udah lama pingin naik kereta jauh. Sekalian biar Bokap kalo jalan-jalan ada temennya. Hihihiihi modus parah. Trus juga memohon sambil bikin cerita dramatis. Tapi emang dramatis dan ga boong juga sih. Selama kuliah disini ga pernah jalan kemana-mana. Maennya Depok-Jakarta-Depok mulu. Paling jauh Bandung. Hiks, diperbudak sama tugas-tugas kuliah cuy.  wait onion head

Untunglah Bokap tercinta pun akhirnya mau mewujudkan impian gue. Yeaaaaaaaaaay finallyyyy~~~ naik kereta api~ tut tut tuuuuuuut~victory onion head

Beberapa hari sebelum ke Jogja, Bokap udah nyampe di Jakarta. Biasaaaa~ kunjungan dulu ke rumah sodara-sodaranya di sini. Pas Hari H, karena ceritanya mau naik kereta, kita pun langsung menuju stasiun Gambir. Yaps, belum beli tiket sama sekali. Kita pun beli tiketnya Go Show. Pengennya sih pastinya yang eksekutif. Maklum gue baru pertama kali jadi pengen yang kerenan dikit. Ternyata karna mendadak, yang eksekutifnya abis. Jadilah terpaksa turun 1 level, naik yang business. Kita beli buat keberangkatan malam biar pagi udah nyampe Jogja. Berhubung di Gambir cuma melayani yang eksekutif, kita pun terpaksa harus pindah ke Stasiun Senen. Sesampainya di sana, karna keberangkatan masih lama, kita pun makan dulu. Yuhuuuuu makannya tak lain tak bukan yaitu nasi padang. Selera bokap ga sama kayak gue. Kalau gue mah pemakan segala, kalo bokap mau diajakin kemanapun yang dicari pasti nasi padang. relax2 onion head

Gue lupa tepatnya pukul berapa. Kita pun naik kereta. Bahagianya minta ampun. Hahahah maklum pengalaman pertama naik kereta jauh. Selama ini naek keretanya cuma commuter line

Perjalanan ditempuh selama 8 jam. Karna kereta malam, jadi perjalanan mostly dihabiskan dengan tidur. Oya di kereta jauh ini, selain ada yang jualan, ternyata ada yang nyewain bantal juga. Gue lupa harga sewanya berapa. Maklum, perjalanan subsidi. Jadi ga terlalu mikirin budget. victory onion head

Sekitar pukul 5, kita sampai di Stasiun Tugu Jogja. Turun dari kereta, langsung ke toilet dan mushola buat menunaikan sholat Subuh. Abis itu, langsung keluar stasiun menuju rumah sodara Bokap yang terletak di sekitar keraton.

Keluar dari stasiun tugu, ternyata langsung disambut dengan kawasan super terkenal, Malioboro. Hooooo ternyata disini toh Malioboro Malioboro itu. ^^

Yeaaaaaay~ Malioboro

Untuk menuju ke rumah sodara, Gue dan Bokap pun naik becak. Awalnya tukang becak mintanya 40.000 tapi berhubung Bokap gue bukan untuk pertama kalinya kesini dan tujuan kita juga ga jauh banget, akhirnya kang becak mau ditawar jadi 20.000. Hohohoho.

Sekitar 15 menit naik becak, kita pun sampai. Langsung disambut si Mak Tuo dan makanan. Alhamdulillaaah yaaah pas banget lagi laper. Setelah makan dan ngobrol-ngobrol, kita pun diajak ke tokonya. Kebetulan sodara bokap ini dia punya toko kain dan jilbab di Jogja. Sesampainya di sana, langsung disuruh pilih jilbab yang gue mau. Asyik banget dah pokoknya. Baru sampe ga cuma disuguhi makanan, juga dikasih jilbab.

Puas milih-milih jilbab, kita pun dianter ke halte Transjogja. Sebenernya Mak Tuo mau meluangkan waktu nemenin kita jalan-jalan sih, tapi karna gue ga mau ganggu, ga sih, sebenernya maunya cuma berdua Bokap, dan untungnya Bokap mengerti kode dari gue. Akhirnya kita pun ngebolang berdua. Cihuuuuuuuuuuuy~~~

Tujuan pertama kita adalah Candi Prambanan.

Candi Prambanan

Related image

Yeaaaaaaaay Prambanaaaan~

Awalnya sebelum kesini, sebagai first timer tentunya gue pengen ke Borobudur. Tapi karna jauh dan transportasinya agak susah kalo ngeteng-ngeteng, jadinya mutusin buat kesananya kapan-kapan aja. Soalnya kita cuma bentar disini. Besok harus balik lagi ke Jakarta. Mungkin emang suatu saat harus ke Jogja lagi dan harus lebih lama.

At least, Candi Prambanan checked. victory onion head

Foto dulu berdua ama Bokap, buat manas-manasin Nyokap. Hihihihi

Oya untuk menuju Candi Prambanan ini, kita naik TransJogja dan disambung naik becak. Sampe di sana, langsung disambut hujan deras. Terpaksa harus berteduh dulu di pos satpamnya. Untungnya sih hujannya cepat reda. Dari yang tadinya sepi, perlahan-lahan pengunjung pun berdatangan. Baik turis lokal ataupun turis mancanegara datang silih berganti. Kita pun tak mau kalah, langsung menuju loket pembelian tiket.

Di dalam kawasan candi prambanan ini, banyak yang berjualan souvenir yang cocok dijadikan oleh-oleh ataupun pajangan rumah. Iseng nanya di salah satu penjual. Ekspektasinya sih harganya bakal mahal banget secara ada di tempat wisata. Tapi yaampuuuuuun murah parah sumpah. Karna murah langsung impulsif beli ini itu. Ga mikir kalo disini murah gimana di luar, kayak malioboro. Gue pun beli beberapa souvenir buat oleh-oleh dan buat diri gue sendiri. Bokap juga semangat belanja. Beliau beli pajangan buat di rumah. Hahaha ternyata ga cuma hobi jalan-jalan yang menurun, tapi demen beli pajangannya juga faktor genetik ternyata sodara-sodara.  pretty onion head

Puas foto-foto dan belanja, kita pun balik ke pusat kota Jogja. Dari pintu keluar Prambanan, naik becak menuju Halte TransJogja terdekat. Lalu dilanjutkan naik bus TransJogja ke Tugu dan Malioboro.

Tugu Jogja

Image result for jogjakarta

Kita pun jalan-jalan santai muterin kawasan Tugu dan Malioboro. Berhubung udah siang, kita pun tak lupa untuk mengisi energi. Apalagi yang dicari kalau bukan masakan Padang. Padahal gue udah bilang bokap kalau ke Jogja ayuk nyobain Gudeg. Tapi beliau tetep aja setia sama nasi padang. Hahahah.

Karena masih siang, jadi kawasan Malioboro pun belum begitu ramai sama yang jualan-jualan di sepanjang jalan. Sehabis makan kita mutusin buat lanjut dulu ke Alun-alun Keraton.

Masjid Kauman Jogja

Image result for masjid kauman
Bagian Luar
Bagian Dalam Mesjid

Malioboro

Image result for jogjakarta

Berhubung sudah mulai sore, kita pun balik ke Malioboro. Yuhuuuu jalan kaki aja. Enaknya di Jogja adalah ga panas dan suasananya asri. Ga bising kayak Jakarta. Jadi enak buat jalan-jalan santai.

Malioboro sore itu sudah mulai ramai penjual ataupun pengunjung. Mulai makanan, pakaian sampai souvenir, ada di sini. Tempat pertama yang gue kunjungin sama bokap adalah tempat jualan minuman. Walaupun ga panas, tapi haus juga ngiterin Tugu-Malioboro-Alun Alun-Malioboro. Kita pun beli masing-masing segelas es cendol. Nikmatnya luar biasa.

Setelah itu, barulah bershopping-shopping ria. Bawaanya pengen borong semua barang yang dijual. Abisnya murahnya kebangetan. Tas-tas batik masa' cuma 10.000. Astagaaaaa. Itu kebayar ga sih upah capeknya. Gue aja yang kere begini berasa kaya banget pas di Jogja, gimana kalo turis-turis asing. Berasa konglomerat kali ya mereka. xDDD

Mengingat hari yang sudah semakin menjelang malam, kita pun memutuskan untuk cus dari Malioboro. Lama-lama disana bisa kere beneran ntar. Karena udah capek dan lelah juga, jadi kita balik ke rumah Mak Tuo naik becak.

Sesampai di rumah, tak lupa mandi dan bersih-bersih dan sholat. Selesai sholat kita pun makan bareng sambil ngobrol-ngobrol. Karna gue masih kebayang-bayang gudeg, jadi gue makannya dikit aja biar abis ini ada alesan buat beli gudeg.

Akhirnya keinginan gue terwujud. Kita ditunjukin dimana beli gudeg yang enak. Lagi-lagi dengan alesan ga mau ngerepotin, gue pun perginya berdua bokap doang. Sekalian katanya bokap mo nyari batik.

Yeaaaaay~ gudeg pun accomplished.

Wiiii banyak ya ternyata. Untung dibungkus. Jadi malem itu gue cuma nyobain dikit. Sisanya taro kulkas dan dijadiin bekel buat besok naik kereta.

Besok harinya kita pun pamit pulang. Kita naik becak menuju Stasiun Tugu. Sekitar pukul 10:00, kereta kita pun berangkat menuju Jakarta tercinta.

Thanks Jogja~ Thanks Papa~ What a quality time. <3

serenade onion head
muthiatheexplorer

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima